Keharusan Mahasiswa


source

Sebagai sivitas akademika, mahasiswa dituntut untuk memberikan perannya sebagai mahasiswa kepada masyarakat banyak. Karena peran sebenarnya seorang mahasiswa sudah tertuang di dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu; pendidikan, penelitian dan pengabdian. Pada ujungnya mahasiswa dituntut untuk berperan aktif di dalam masyarakat. Terlepas dari peran mahasiswa yang mempunyai peran yang sangat kompleks, baik itu di wilayah kampus maupun di masyarkat. Mahasiswa sebagai the agent of change juga harus mengkuti perkembangan zaman, harus merubah pemikirannya ke dalam sebuah kerangka berfikir yang maju, untuk masa depan. Dituntutnya mahasiswa untuk mempunyai jiwa yang visioner, ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa yaitu; learn, research, dan share.


Learn, atau belajar. Belajar memang sudah menjadi keharusan seorang mahasiswa, bahkan belajar juga merupakan hakikat manusia ketika mereka dilahirkn ke dunia ini. Kompleksitas kehidupan mustahil kita hadapi tanpa melakuan aktivitas belajar terlebih dahulu. Oleh sebab itu sebagai mahasiswa, sangat wajib belajar, bukan hanya belajar di dalam kampus tetapi juga di luar kampus. Memahami apa yang sedang terjadi di masyarakat, memperhatikan isu-isu yang sedang menyeruak ke permukaan dan mempelajari apa inti dan penyebab dari permasalahan yang sedang terjadi. Belajar merupakan salah satu perangkat yang harus dimiliki manusia, khususnya mahasiswa, karenanya belajar merupakan bekal untuk terjun ke masyarakat.

Research, adalah sebuah kosa kata bahasa inggris yang artinya adalah penelitian. Untuk apa kita melakukan research? Jelas jawabannya adalah sebuah keharusan. Sebagai mahasiswa kita harus meneliti, baik dari hal-hal kecil maupun ke dalam hal yang besar. Selain itu research juga jangan selalu diartikan sebagai meneliti seutuhnya, karena mengembangkan penelitian sebelumnya juga merupakan hal yang baik. Research juga harus mengembangkan kekreativitasan kita sebagai mahasiswa, dari apa yang kita pelajari di kampus dan di luar kampus, menjadikanya bahan untuk dasar kita meneliti.

Setelah kita belajar dan melakukan penelitian, selanjutnya kita harus memperhatikan hal yang satu ini, yaitu, share. Share atau berbagi. Share juga merupakan hal penting. Ketika mahasiswa sudah melakukan aktvitas belajar dan kemudian dia meneliti selanjutnya mahasiswa harus mengaplikasikan hasil belajar dan hasil penelitiannya kepada masyarakat, berbagi sesuatu yang sudah kita pelajari dan kita lakukan. Contoh, sebagai mahasiswa keguruan misalnya setelah sebelumnya belajar tentang ilmu keguruan dan ilmu pelajar yang akan di ajarkan nanti, dan kamudian melakukan penelitian atau research selanjutnya mahasiswa keguruan diwajibkan membagi ilmunya, membagi hasil belajarnya, mengaplikasikan hasil penelitiannya di bidang keguruan.

Itulah hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa. Untuk itu ketiga hal tadi haruslah diperhatikan dengan baik, karena sebenarnya ketiganya mengacu pada sebuah prinsip tri dharma perguruan tinggi. Kampus merupakan gambaran dari masyarakat sesungguhnya karena memiliki kemiripan kompleksitas permasalahan dan struktur sosial dengan masyarakat sebenarnya. Ajang simulasi yang baik untuk mahasiswa mendapatkan bekal ketika benar-benar terlibat dan terjun ke masyarakat yang sebenarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Hal Sederhana Yang Menuntut Ketidaksederhanaan

Mbah Adam dan Kedewasaan

Bibit dan Sumber Mata Air