Pendidikan Bukan Solusi Individu



source

 ‘Education is the most powerful weapon which you can use to change the world’. Pendidikan adalah sejata yang paling kuat dan ampuh ketika kau gunakan untuk mengubah dunia. –Nelson Mandela


Pendidikan yang baik akan memperbaiki keadaan seseorang. Pendidikan juga akan membawa sebuah bangsa ke arah yang lebih baik. Pendidikan harus dijadikan sebuah pondasi dasar untuk membangun bangsa dalam segala bidang. Kemajuan suatu bangsa tak lepas dari peran pendidikan. Masih melekat di ingatan kita ketika jepang kalah oleh pasukan sekutu Amerika pada perang dunia ke dua. Kota Hiroshima dan Nagasaki hancur terkena bom atom, kedua kota itu luluh lantak. Kemudian kaisar Hirohito memerintahkan para mentrinya untuk mengumpulkan guru-guru yang terisisa. Dan jepang pun memulai pembangunannya dengan menggunakan visi pendidikan. Oleh karena itu pendidikan harus menjadi konsen pemerintah dalam membangun bangsa.


            Kita bisa melihat bagaimana pendidikan menjadikan suatu bangsa yang porak-poranda menjadi bangsa yang besar. Paradigma berpikir kita harus diubah, bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting, pendidikan juga bukan hanya untuk memajukan individu semata. Pendidikan harus menjadi solusi nasional. Bagaimana memajukan dan membangkitkan bangsa ini bisa menjadi tujuan dari masing-masing orang yang mengenyam pendidikan.

Jika pendidikan hanya dijadikan jembatan untuk membangun diri sendiri tidak digunakan untuk membangun bangsa yang terjadi seperti yang kita lihat ada di berita sekarang. Korupsi, sogok sana, sogok sini. Untuk kepentingan sendiri. Tidak punya tanggungjawab dan rasa untuk membangun. Malah merusak dan merugikan negara. Setiap tertangkapnya oknum pejabat yang berpendidikan tinggi, kita merasa heran kenapa dia korupsi. itulah efek ketika jabatannya sebagai alat untuk mengeruk uang negara, dan pendidikan menjembataninya. Kita harusnya sadar, pendidikan disatu sisi bisa menjadi sebuah solusi tetapi disatu sisi yang lain punya kekurangan yang harus segera diatasi. Yaitu dengan menamkan pendidikan moralitas yang kuat sejak dini.

Pendidikan harus dijadikan visi untuk mengubah bangsa ini ke arah yang lebih baik. Dari individu yang berpendidikan itu sudah harus tertanam kalau pendidikan yang dia dapat adalah bekal untuk memajukan bangsa. Bukan hanya untuk kepentingan pribadi semata apalagi untuk manjadikan pendidikan jembatan untuk ‘membodohi’ orang lain. Yang harus diingat oleh orang-orang yang berpikir bahwa pendidikan ialah untuk ‘membodohi’ adalah masih banyak orang yang menggunakan pendidikan untuk menangkal pembodohan tersebut. Bahkan bukan hanya untuk agar tidak bisa dibodohi saja tapi mempunyai semangat untuk membangun dan membangkitkan bangsa yang sedang dalam keterpurukan.

Dampak ketika pendidikan menjadi kepentingan untuk membangun bangsa. Memungkinakan bangsa ini akan bangkit dari keterpurukan. Sumber daya manusianya mempunyai pola pikir membangun. Mengabdikan diri untuk memajukan setiap daerah yang dia tinggali. Walaupun melanjutkan studi ke luar negri naluri dan kecintaannya derhadap bangsa sendiri membuat ia akan kembali dan memajukan bangsanya sendiri. Pendidikan semacam itulah yang kita butuhkan sekarang.
 
Berbicara tentang pendidikan maka lebih dalam kita juga harus sadar bahwa proses dari pendidikan itu sangatlah panjang. Tidak bisa kita mengharapkan kebangkitan negara kita tanpa melalui proses pendidikan yang lama. Belum lagi masalah belum meratanya pendidikan di Indoneia menjadi malasalah yang harus segera dibenahi. Konsisten dan menyeluruh harus dilakukan pemerintah untuk memajukan pendidikan dan manjadikannya solusi untuk memajukan bangsa. Dan tentu esensinya adalah membangkitkan bangsa kita yang sedang terpuruk.

Comments

  1. jadi ini ya tulisan nya? :D aku no comment deh.. soalnya aku juga gabisa nulis serius begini hahahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hal Sederhana Yang Menuntut Ketidaksederhanaan

Mbah Adam dan Kedewasaan

Bibit dan Sumber Mata Air