Not only transfer of knowledge
source |
Sebagai calon
guru ada beberapa materi yang harus di dapatkan oleh mahasiswa untuk bekal
praktek mengajar nanti. Salah satunya dalam mata kuliah Language Teaching Strategy yang mempelajari tentang teori mengajar yang baik dan benar, cara
mengajar dengan menyenangkan agar para peserta didik tidak bosan ketika
belajar.. Mata kuliah ini memberikan banyak pelajaran berharga untuk mahasiswa
semester 5 yang akan melaksanakan PPL pada semester 7 nanti. Pelajaran berharga
yang saya dapat yaitu motivasi, lebih berani berbicara dan tata car mengajar
yang benar dan menjadi guru tidak hanya
mengajar dan mentransfer ilmunya kepada siswa.
Tidak ada pembelajaran
di dalam kelas. Pembelajaran akan terasa monoton apabila tidak ada pengetahuan
baru yang mereka dapatkan, pengetahuan yang mereka dapat sama dengan apa yang
gurunya dapat. Murid tidak aktif di dalam kelas dan tidak ada partisipasi siswa
di dalam kelas, seperti mengungkapkan pendapat serta ilmu yang dia dapat
sebelumnya di luar sepengetahuan teman-teman sekelasnya. Kurangnya partisipasi
siswa akan berengaruh terhadap hasil akhir pembelajaran.
Pembelajaran
tidak berkembang karena belajar adalah mendapatkan pengetahuan dari segala
sumber yang ada di sekitar termasuk dari siswa itu sendiri. Siswa satu dan yang
lainnya mungkin mempunyai pengetahuan yang berbeda-beda maka dari itu, siswa
yang mempunyai pengetahuan lebih harus berpartisipasi dalam proses belajar dan
membagikan pengetahuan yang dia miliki kepada teman-temannya. kita juga sebagai
guru harus kreatif dalam mengajar contohnya membuat media yang menarik, atau
yang ada di sekitar kita.
Guru juga harus
memberikan motivasi kepada murid. Guru harus tau masalah yang sering di hadapi
murid, dengan begitu guru akan tau masalah yang sering di dahadapi muridnya
ketika proses belajar. Menyelesaikan masalah yang sering di hadapi murid ketika
proses pembelajaran kemudian Memberikan motivasi kepada murid di akhir
pembelajaran. Karena belajar adalah sebuah proses murid bisa saja mendapatkan
masalah dalam belajar selama proses pembelajaran berlangsung.
Kalau hanya
sekedar transfer of knowledge saja , tidak ada pembelajaran di kelas,
pengetahuan murid sangat minim dan guru sekarang bukan hanya mengajar saja tapi
juga harus bisa jadi motivator untuk para siswanya. Di sisi lain guru-guru yang
ad sekarang memang kurang memahami apa yang seharunya dilakukan untuk membuat
proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Seharusnya kita sebagai calon guru
tidak melakukan kesalahan yang sama, dengan mengaplikasikan pengetahuan
mengajar yang baik dan benar.
benar sekali bang, guru kreatif buat murid aktif..
ReplyDeleteKalau semua guru berpikiran sama seperti Mas Tofik, saya rasa belajar di sekolah-sekolah jadi terasa lebih menyenangkan yaa.. :D
ReplyDelete