Not only transfer of knowledge

source


Sebagai calon guru ada beberapa materi yang harus di dapatkan oleh mahasiswa untuk bekal praktek mengajar nanti. Salah satunya dalam mata kuliah Language Teaching Strategy yang mempelajari tentang teori mengajar yang baik dan benar, cara mengajar dengan menyenangkan agar para peserta didik tidak bosan ketika belajar.. Mata kuliah ini memberikan banyak pelajaran berharga untuk mahasiswa semester 5 yang akan melaksanakan PPL pada semester 7 nanti. Pelajaran berharga yang saya dapat yaitu motivasi, lebih berani berbicara dan tata car mengajar yang benar dan menjadi guru tidak hanya mengajar dan mentransfer ilmunya kepada siswa.

Tidak ada pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran akan terasa monoton apabila tidak ada pengetahuan baru yang mereka dapatkan, pengetahuan yang mereka dapat sama dengan apa yang gurunya dapat. Murid tidak aktif di dalam kelas dan tidak ada partisipasi siswa di dalam kelas, seperti mengungkapkan pendapat serta ilmu yang dia dapat sebelumnya di luar sepengetahuan teman-teman sekelasnya. Kurangnya partisipasi siswa akan berengaruh terhadap hasil akhir pembelajaran.

Pembelajaran tidak berkembang karena belajar adalah mendapatkan pengetahuan dari segala sumber yang ada di sekitar termasuk dari siswa itu sendiri. Siswa satu dan yang lainnya mungkin mempunyai pengetahuan yang berbeda-beda maka dari itu, siswa yang mempunyai pengetahuan lebih harus berpartisipasi dalam proses belajar dan membagikan pengetahuan yang dia miliki kepada teman-temannya. kita juga sebagai guru harus kreatif dalam mengajar contohnya membuat media yang menarik, atau yang ada di sekitar kita.

Guru juga harus memberikan motivasi kepada murid. Guru harus tau masalah yang sering di hadapi murid, dengan begitu guru akan tau masalah yang sering di dahadapi muridnya ketika proses belajar. Menyelesaikan masalah yang sering di hadapi murid ketika proses pembelajaran kemudian Memberikan motivasi kepada murid di akhir pembelajaran. Karena belajar adalah sebuah proses murid bisa saja mendapatkan masalah dalam belajar selama proses pembelajaran berlangsung.

Kalau hanya sekedar transfer of knowledge saja , tidak ada pembelajaran di kelas, pengetahuan murid sangat minim dan guru sekarang bukan hanya mengajar saja tapi juga harus bisa jadi motivator untuk para siswanya. Di sisi lain guru-guru yang ad sekarang memang kurang memahami apa yang seharunya dilakukan untuk membuat proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Seharusnya kita sebagai calon guru tidak melakukan kesalahan yang sama, dengan mengaplikasikan pengetahuan mengajar yang baik dan benar.

Comments

  1. benar sekali bang, guru kreatif buat murid aktif..

    ReplyDelete
  2. Kalau semua guru berpikiran sama seperti Mas Tofik, saya rasa belajar di sekolah-sekolah jadi terasa lebih menyenangkan yaa.. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hal Sederhana Yang Menuntut Ketidaksederhanaan

Mbah Adam dan Kedewasaan

Bibit dan Sumber Mata Air